Cara Promosi Produk Ukm Secara Online

Cara Promosi Produk Ukm Secara Online

Cara Promosi Produk Ukm Secara Online - Pemerintah saat ini sedang fokus pada peningkatan potensi porduk UKM (Usaha Kecil menengah). Hal ini dilakukan karena bisnis ukm merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia. Kilas balik tahun 1997 saat krisis moneter melanda Indonesia banyak perusahaan besar gulung tikar. Namun yang tetap bisa bertahan saat itu adalah bisnis ukm, walaupun sebenarnya juga terdampak namun tidak begitu parah.

Oleh karena itu, pemerintah melalui kementrian ukm terus menggencarkan berbagai program guna meningkatkan produktifitas dan daya saing usaha kecil menengah. Berbagai macam pelatihan diberikan kepada pelaku bisnis ukm, mulai dari pelatihan managemen keuangan hingga managemen pemasaran. Bantuan peralatan pun diluncurkan baik berupa peralatan maupun pinjaman bunga lunak.

Dibidang pemasaran, pemerintah menggencarkan pelatihan digital bagi ukm mengingat era 4.0 menuntut mereka untuk tampil juga dibidang online agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Cara Promosi Produk Ukm Melalui Online

Promosi digital memiliki efek yang luar biasa untuk meningkatkan brand produk usaha kecil. Biaya murah, jangkauan luas, waktu cepat adalah alasan mengapa harus promosi di dunia maya. Bagi Anda pemilik usaha kecil menengah wajib tahu dimana saja harus melakukan promosi.

Berikut ini beberapa media promosi gratis untuk produk usaha kecil menengah:

1. Facebook

Media sosial satu ini sudah tidak asing lagi karena memang termasuk media sosial sejuta umat. Tua, muda, laki-laki perempuan siapapun memiliki akun ini. Facebook situs wajib untuk promosi, tidak perlu menggunakan promosi berbayar cukup dengan memposting di marketplace yang telah disediakan atau memposting di group-group serta komunitas yang menjadi target produk Anda.

2. Instagram

Aplikasi berbasis foto ini menjadi sangat tenar sejak sekitar tahun 2017. Netizen mulai berbondong-bondong membuat akun yang awalnya bertujuan sekedar eksistensi diri dengan cara mengupload foto. Dalam perkembangannya kini instagram menjadi tempat untuk promosi bagi siapapun untuk menawarkan produknya.

3. Twitter

Hadirnya facebook membuat twitter banyak kehilangan penggunanya, saat ini mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang masih menggunakannya. Perlu diketahui bahwa sebenarnya twitter sangat bermanfaat untuk membranding sebuah produk, efek viral yang ditimbulkan cangat cepat dan berantai. Jika Anda belum mencoba wajib membuat akun di twitter dan mulai memposting produk Anda.

4. Situs Pasang IklanGratis

Strategi promosi yang satu ini tidak banyak dilakukan oleh pelaku bisnis ukm, mungkin hanya sebagian kecil yang tahu karena pernah mengikuti pelatihan bisnis online. Padahal mempromosikan melalui iklan gratis juga membawa efek yang bagus untuk mengenalkan produk dan usaha di online melalui halaman google. Cari di google iklan gratis tanpa daftar cepat laku, anda akan menemukan berbagai website untuk memasang iklan secara gratis.

5. Marketplace

Pertumbuhan marketplace di Indonesia marak sekitar tahun 2015, sajak saat itu bermunculan situs - situs besar menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan berbelanja. Dan saat ini marketplace menjadi tujuan utama masyarakat berbelanja online, oleh karena itu pelaku bisnis ukm wajib memilikil lapak atau toko di semua marketplace. Dengan demikian promosi produk bisa mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Promosi melalui online memang membutuhkan sedikit effort, membuat postingan atau diskripsi produk, membuat foto dan juga video. Namun jangan mengeluh atau bosan, dengan begitu produk Anda akan banyak dan mudah dikenal oleh calon pembeli.

Manfaatkan media - media diatas dengan optimal dan bijaksana, agar promosi Anda bisa membuahkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda dalam rangka mempromosikan produk dan jasa milik Anda.

Tracking ID:DC0CDJGN

PASANG IKLAN ANDA DISINI
PASANG IKLAN ANDA DISINI